Rabu, 02 Maret 2016

33 Video Klip Band Punk Terbaik





Oi..oi..oi.  Lagi ada bahan nulis nih. Nulis band-bandan aja kali yah.

Setelah momen perhelatan Oscars, gw jadi kepikiran buat nulis artikel ini.

Mengingat banyak banget band berbagai genre yang malang-melintang, kali ini gw pengen bahas lebih spesifik tentang genre musik yang booming banget pada era 70an, Punk. Berawal dari keresahan masyarakat pemuda "berandalan kreatif" yang gelisah atas regulasi pemerintahan kala itu di berbagai negara (terutama Inggris) muncullah band-band pioneer punk. Dan seiring berjalannya waktu, semakin banyak sub-genre dari punk itu sendiri. Sangat beraneka ragam, ada yang masih mengusung old-school punk, ada punk-rock, melodic-punk, pop-punk, Irish / folk-punk dan masih banyak lagi. Ada yang masih mempertahankan lirik sosial bahkan ada yang sampai membuat lirik cinta-cintaan. Sangat beragam. Disini gw ngga mau mengotak-ngotakkan. Selama masih stick on the root dan skena mereka, mereka tetep band punk. Nah, dalam tulisan gw kali ini gw mau bahas 33 Video Klip Band Punk Terbaik.


PS: Baca dari atas ya, biar surprise, gitu.
 


33. Neck Deep - Losing Teeth

Seiring berjalannya waktu makin banyak band pop-punk yang menjamur, dan itu juga terjadi di UK seperti band ini. Neck Deep berasal dari Wrexham, Wales. Awal tahun 2014 mereka mengeluarkan album yang dinamai Wishful Thinking. Dalam album itu mereka yang bepayungi label terkenal dari Amerika, Hopeless Records juga menjagokan lagu dalam track pertama dalam album itu, Losing Teeth. Videonya bagus, keliatan simple, ngga pake nge-grab model, tapi gw suka main-mainin lampunya. Album Wishful Thinking  juga sempet menduduki posisi 108 UK album chart setelah tanggal peluncurannya.
https://www.youtube.com/watch?v=8PRymK0tM80
Neck Deep - Losing Teeth (official video)




32. Allister - Somewhere on Fullerton

Allister adalah band punk dari Chicago Amerika Serikat. Band yang digawangi Scott Murphy jauh sebelum dia pindah ke Jepang, pada tahun 2002 meluncurkan album yang dinamai Last Stop Suburbia dengan single Somewhere on Fullerton yang dijadikan lagu andalan pada album tersebut. Fullerton sendiri adalah nama sebuah kota di California. Cerita didalam video ini adalah mereka sedang mencari gitaris untuk band mereka dengan cara audisi. Tengok aja klipnya disini.
https://youtu.be/3XMPOmuJOUk
Allister - Somewhere on Fullerton (official video)



31. Midtown - Give It Up 

Ada yang tau Gabe Saporta? Wajar kalo otak kalian reflek langsung ke-direct ke Cobra Starship. Gabe sebelum bergabung dengan Cobra Starship sempet jadi front-liner Midtown. Midtown juga band dari skena punk New Jersey, Amerika Serikat. Okay, bahas video promosi mereka yang diberi judul  Give It Up. Give It Up adalah lagu yang diandalkan untuk promo album ketiga mereka yang diberi nama Forget What You Know. Konsep ceritanya adalah Gabe yang dikejar-kejar warga kota karena sebuah.... Lengkapnya liat aja di sokin, sob.
https://youtu.be/KPcY55fRJYs
Midtown - Give It Up (official video)




30. All Time Low - Weightless

Pop-punk bule? Ngga lepas dari band ini. All Time Low adalah sebuah band dari pelosok kota Towson daerah Maryland, Baltimore Amerika yang kini beranggotakan 4 orang Alex, Jack, Rian dan Zack ini mengawali debutnya pada tahun 2003. Rilisan album Nothing Personal tahun 2009 kemarin membuahkan single Weightless. Mark Hoppus juga hadir sebagai cameo juga. Kalo nonton ini jangan berfikiran kalo jadi rock star bakal banyak groupiesnya. Yah, belum tentu juga sih. Kebetulan aja mereka cuco'.
https://youtu.be/TpG3BxRctQ4
All Time Low - Weightless (official video)



29. Over Arm Throw - Hand in Hand

Oke, ini adalah band punk dari negeri sakura, Jepang pertama yang gw bahas. Over Arm Throw, memiliki 3 personil ini pada tahun 2015 kemarin merilis single yang dinamai Hand in Hand di bawah label Machine Records. Videonya terkesan koplak walaupun di awal terkesan lebih serius dengan pengambilan gambar disaat band ini sedang bermain.
https://youtu.be/g5-d9w7jnwg
Over Arm Throw - Hand in Hand  (official video)




28. TOTALFAT - Good Fight and Promise You

TOTALFAT adalah band punk-melodic asal Tokyo, Jepang yang didirikan tahun 1999 dengan personil Jose (gitar-vocal), Bunta (drummer), Kuboty (gitaris) dan Shun (bassist). Lagu Good Fight & Promise You diangkat dari album For Whom The Rock Rolls tahun 2009. Disini keliatan betapa all-outnya mereka apalagi Kuboty yang jadi icon mereka. Koplak bener dia.
https://youtu.be/ApG_hxbWlCM
TOTALFAT - Good Fight and Promise You (official video)



27.  Rocket Rockers - Bangkit

Sejenak pindah ke skena musik nasional. Band Indonesia coy, siapa yang ngga tau Rocket Rockers? Band yang saat itu digawangi oleh Ucay, Aska, Lope, Bisma dan Ozom merilis album kedua mereka yang dinamai Ras Bebas dibawah label Sony Music serta mengeluarkan single yang dijagokan seperti lagu sungle pertama mereka untuk album ini, Bangkit. Video yang digarap Cerahati ini mereka terkesan dikemas liar dengan sentuhan vandalisme mural.

https://youtu.be/1MCtiYpXHoI
Rocket Rockers - Bangkit (official video)



26. Sex Pistols - God Save The Queen

Legenda? Sex Pistols lah. Itu yang gw jawab ketika pertanyaan itu muncul. Sex Pistols dijadikan salah satu ikon punk British pada era-era 70-an. Tahun 1977 band yang saat itu dinaungi 4 personil yaitu Johnny Rotten, Sid Vicious, Steve Jones dan Paul Cook mengeluarkan studio album yang berjudul Never Mind the Bollocks, Here's the Sex Pistols. Pada album ini mereka mengandalkan beberapa track untuk menjadi single untuk mendongkrak penjualan album perdana mereka ini, salah satunya lagu God Save The Queen. Konten liriknya sangat sarkastik dan dari judulnya sendiri cukup kontroversial karena sama dengan lagu kebangsaan Inggris. Footage yang diambil sederhana sekali, diperlihatkan aktifitas mereka nge-band dengan ekspresi masing-masing anggota. Cekidot bor.


25. The Ataris - The Boys of Summer

The Boys of Summer merupakan lagu cover yang sebelumnya dinyanyikan oleh drummer dari Eagles, Don Henley pada tahun 1984. The Ataris hadir mengcover dengan warna musik baru yang kental akan distorsi. Lagu ini ditunjuk untuk mewakili album The Ataris yang berjudul So Long, Astoria pada tahun 2003. Video klip yang digarap oleh sutradara berdarah Jepang, Steven Murashige ini juga sempat menduduki chart Billboard kala itu. Memang sih judul lagunya The Boys of Summer, tapi set dalam klip ini mayoritas diambil di lereng pegunungan.
https://youtu.be/Qt6Lkgs0kiU
The Ataris - The Boys of Summer (official video)



24. Bad Religion - True North

Ngga asing lagi kan sama Bad Religion? Band punk-rock yang digawangi Greg Graffin yang juga sebagai dosen bergelar Ph.D yang mengajar mata kuliah Paleontologi dan Ilmu Alam di University of California, Los Angeles dan juga mengajar Ilmu Evolusi di Universitas Cornell Amerika Serikat ini di  tahun 2013 kemaren merilis album ke-16 mereka yang dinamai True North dan lagu single yang dijadikan video klip berjudul sama dengan albumnya True North. Dan seperti sebelum-sebelumnya, label yang menaungi album mereka kali ini masih dipegang Epitaph Records yang juga dimiliki oleh Brett W. Gurewitz gitaris Bad Religion. Ide ceritanya simple, klip ini nyritain seorang pemuda yang muter vinyl album ini di kamarnya.
https://youtu.be/X2u6DeXvLDM
Bad Religion - True North (official video)




23. Descendents - I'm the One

Descendents juga band punk-rock kawakan. Sejak tahun 1977 di Manhattan Beach, California Descendents dibentuk. Leader mereka Milo menjadi icon logo untuk band mereka walau sebenernya Milo baru masuk ditahun 1980. Cukup struggle di skena punk bisa bertahan sampe sekarang. Lagu I'm the One diambil untuk lagu jagoan mereka di album Everything Sucks di tahun 1996. Lagu yang ditulis oleh bassist mereka Karl Alvarez ini memiliki story-line yang unik. Mengangkat topik fenomena bank sperma di Amerika sana. 
https://youtu.be/gXbPlFgSfao
Descendents - I'm the One (official video)



22. Dustbox - Try My Luck

Dustbox adalah band melodic-punk asal negeri matahari terbit, Jepang yang memiliki 3 member Suga, Yoji dan Yuki dan memulai band ini tahun 1996. Pada 2006 silam dalam album 13 Brilliant Leaves, Dustbox dan label sepakat meluncurkan lagu single Try My Luck dari album ini. Adegan-adegan sumo disajikan untuk mempercantik konsep video mereka kali ini. Nah, uniknya biasanya sumo diikuti oleh atlit-atlit Jepang, kali ini penantangnya bukan dari Jepang tapi menggunakan talent berkulit putih untuk dijadikan model sumo. Gw langsung berspekulasi dengan makna didalam klip ini. Mmmm.. 
https://youtu.be/b8lAeTMlvcs
Dustbox - Try My Luck (official video)



21. Box Car Racer - I Feel So


Box Car Racer merupakan side project dari Tom Delonge (blink-182) yang dibentuk tahun 2001 merekrut David Kennedy dari Hazen Street sebagai gitaris, Travis Barker yang juga rekan satu band dengan Tom Delonge di blink-182 sebagai drummer dan Anthony Celestino sebagai bassist. Ada yang bilang ini adalah cikal bakal formasi Angels and Airwaves karena Tom dipertemukan kembali dengan David. Rumor yang beredar Tom dan David satu alumni sekolah. Video klip ini menceritakan tentang 2 anak kecil didalam kamar dan sesuatu terjadi pada diri mereka, dari ekspresi kedua anak tersebut yang emosional menangis dan dapat menggerakkan benda mati disekitarnya, semacam telekinesis
https://youtu.be/sPEGbxL9AoQ
Box Car Racer - I Feel So (official video)




20. The All-American Rejects - The Last Song

Lanjut ya, di posisi ini gw naro The Last Song punya The All-American Rejects. Lagu berikut ini adalah lagu kedua yang dijadikan single (setelah Swing Swing) yang juga diambil dari studio album pertama mereka yang dinamai seperti nama band mereka The All-American Rejects pada tahun 2003. Kemasan klipnya adalah sekelompok pemuda  yang berkeliling mengggunakan mobil mereka dan berhenti di suatu tempat yang mereka pilih untuk melakukan apa yang mereka inginkan dan seolah-olah ngga ada orang yang memperhatikan, seperti berhalusinasi dan imajinasi atau mungkin bisa dikatakan semacam Skizofrenia. Tapi imajinasinya seru juga.
https://youtu.be/5DpGuk_fWGQ
The All-American Rejects - The Last Song (official video)
 


19. Melody Fall - Running

Melody Fall adalah band pop-punk berasal dari kota Turin, Italia yang dibentuk oleh Panebarco dan kawan-kawan pada tahun 2005. Disini yang  mau gw bahas adalah single mereka untuk album The Shape of Pop-Punk to Come yang berjudul Running, yang juga dimulai beredar ke publik pada November 2014 kemarin. Video klip Running menarik mengangkat footage-footage dari youth-culture di Italia sedemikian rupa seperti yang di tampilkan di klip ini. Intinya para model berlari agar relevan dengan judul lagu ini. Dan menurut gw lagu ini kayanya cocok buat acara petualang di TV nasional deh. Belum pernah denger ini di tayangan TV sih tapi.
https://youtu.be/ksmCzYo7gvw
Melody Fall - Running (official video)



18. Simple Plan - I'd Do Anything


Ada yang punya album Simple Plan yang pertama? Gw kebetulan gw dulu beli  album mereka, karena sebelumnya gw liat video single mereka yang kedua I'd Do Anything. No offense aja, belum sesampah sekarang-sekarang sih. I'd Do Anything adalah single dari album No Pads, No Helmets...Just Balls. Band dari Kanada ini ngrilis album tersebut tahun 2002. Video ini dipackage dengan cerita mereka yang menggelar sebuah gig didalam garasi dan ada proses filtering penonton yang dilakukan security. Tingkahnya aneh-aneh biar bisa masuk ke gig Simple Plan. Menariknya adalah dalam video ini kita juga mendapatkan bonus featured artist, Mark Hoppus (blink-182).
https://youtu.be/H2M7zo8ZziE
Simple Plan - I'd Do Anything (official video)





17. The Clash - I Fought the Law

Bicara legenda lagi? Ini saatnya. Skena punk British pada pertengahan tahun 70'an memang massive sekali dari segi musik ataupun gaya hidup. Seiring naiknya skena ini, The Clash ngga luput dari perhatian. Pada tahun 1979 merilis single yang sangat legendaris yang diberi tajuk I Fought the Law yang sebelumnya udah dipopulerkan oleh band dari Texas, Amerika, The Bobby Fuller Four tahun 1950 karena dinilai liriknya mewakili keresahan street punk Inggris pada waktu itu. Video musik mereka mengambil footage beberapa scene dimana street punk sangat membenci aparat karena tindakan mereka yang semena-mena semata-mata untuk menegakkan hukum yang berlaku. "I fought the law, and the law won."
https://youtu.be/AL8chWFuM-s
The Clash - I Fought the Law (official video)




16. Alkaline Trio - I Wanna Be Warhol 

Band ini cukup ternama di jagad musik punk. Alkaline Trio berasal dari Chicago Amerika Serikat dan sudah hampir 20 tahun naik dari panggung ke panggung lainnya untuk menyuguhkan karya musiknya. Kali ini gw milih official video  I Wanna Be Warhol yang jadi andalah dalam album My Shame Is True. Buat yang  belum tau, Warhol adalah seorang visual artis tahun 70-an yang mempopulerkan seni pop-art. Ada yang tau film Resident Evil? Yap! Pada klip ini  model yang ditunjuk untuk berperan adalah  Milla Jovovich.
https://youtu.be/7trRQX0XP9k
Alkaline Trio - I Wanna Be Warhol (official video)





15. Flogging Molly - Drunken Lullabies

Celtic-punk, sub-genre yang mereka usung. Flogging Molly merupakan band punk dengan dengan warna folk Irish yang terbentuk di Los Angeles, California ini pada tahun 1997. Lagu-lagu mereka melekat ditelinga gw pada waktu gw masih kuliah. Jujur, rada telat sih denger eksistensi band ini. Di tahun 2002 mereka mengeluarkan album yang bertajuk Drunken Lullabies serta merilis lagu single dengan judul yang sama yang juga dijadikan klip. Dalam ceritanya, seorang skateboarder berpetualang menyambangi kota untuk menyaksikan show band ini. Dalam perjalannya dia bertemu dengan beberapa situasi. Liat detilnya langsung di klip mereka yang satu ini aje.
https://youtu.be/89NjEeHku8o
Flogging Molly - Drunken Lullabies (official video)




14. Special Thanks - You = Music I Love

Band pop-punk Jepang. Nah ini yang gw selalu suka. Special Thanks adalah band yang berasal dari Aichi, Jepang yang dibentuk Misaki dan rekan-rekan pada tahun 2005. Cukup banyak melakukan subtitusi personil. 2011 mereka launching album kedua mereka sendiri Seven Lovers dan mereka sepakat mengandalkan You = Music I Love sebagai single. Dulu ketika gw liat klip ini gw langsung terkesima liat kelucuan tingkah laku mereka, ada after-scenenya juga, kita lihat juga kelucuan vokalis mereka, Misaki. Hmmm...
https://youtu.be/xihGpiTv0sA
Special Thanks - You = Music I Love (official video)




13. Good Charlotte - Lifestyles of The Rich and Famous

Mungkin banyak yang ngga setuju kalo Good Charlotte dimasukkan ke genre punk. Sok asik lah, poser lah ngga nge-root lah, macem-macem. Tapi kalo dilihat dari skenanya memang punk tapi sedikit tersesat karena tuntutan industri. Nah dengan alasan itu maka gw masukin mereka ke tulisan ini. Di album mereka yang kedua, The Young and the Hopeless tahun 2002 Good Charlotte meluncurkan single yang berjudul Lifestyles of The Rich and Famous. Walaupun terkesan alay dan poser, secara keseluruhan gw bilang videonya bagus. Monggo disimak.
https://youtu.be/y-jC3H_8Dk4
Good Charlotte - Lifestyles of The Rich and Famous (official video)




12. Anti-Flag - This Is The End (For You My Friend)

Anti-Flag adalah band punk-rock yang berasal dari Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat yang terbentuk dari tahun 1988 dan hiatus setahun setelahnya, lalu kembali aktif di tahun 1992 hingga sekarang. Di album kelima mereka yang berjudul For Blood and Empire mereka mimilih lagu This Is The End (For You My Friend) untuk single mereka. Video ini dikemas dengan konsep kampanye untuk pemuda penyandang Anorexia. Gw pribadi bilang cocok karena band ini memang ngusung tema sosial, politik, anti-perang dan imperialisme serta memperjuangkan hak kemanusiaan dengan lirik-lirik lagu mereka. Dari jaman kuliah gw selalu pengen banget punya band model gini.
https://youtu.be/qnVD7WuarSo
Anti-Flag - This Is The End (official video)





11. Me First And The Gimme Gimmes - I Believe I Can Fly

Kebangetan kalo ngga tau Me First And The Gimme Gimmes. Super Group band dengan konsep cover band. Dibentuk di San Francisco Amerika tahun 1995 dengan member Spike Slawson (Swingin' Utters) di vocal, Joey Cape (Lagwagon) pada gitar, Chris Shiflett (No Use for a Name - Foo Fighters) pada gitar, Fat Mike (NoFX) pada bass dan Dave Raun (Lagwagon) pada drum. Mungkin ini adalah proyek seru-seruan mereka aja, secara band masing-masing dari mereka masih jalan sebagai prioritas. Tahun 2003 silam mereka mengemas album keempat mereka yang diberi tajuk Take a Break dengan menunjuk lagu cover mereka yang berjudul I Believe I Can Fly karya R. Kelly sebagai single pada album itu. Uniknya dalam video single ini banyak sekali cameo yang turut serta meramaikan. Ada Andrew W.K., Mike Dirnt (Green Day), Chris DeMakes (Less Than Jake) , Matt Skiba (Alkaline Trio), Deryck Whibley (Sum 41), Kris Roe (The Ataris) dan yang lebih bikin tercengang muncul juga sosok Paris Hilton sebagai cameo. Pol banget, udah!

https://youtu.be/vV3XQcCyyPc
Me First And The Gimme Gimmes - I Believe I Can Fly (official video)



10. Yellowcard - Only One

Tahun 2000an mulai banyak band-band dengan keragaman genre. Ada yang mengkolaborasikan beberapa instrumen musik. Kayak band yang satu ini nih, Yellowcard. Yellowcard sendiri dibentuk pada tahun 1997 di Jacksonville, Florida. Delapan tahun berjalan, band ini merilis lagu single Only One untuk mempromosikan album mereka yang berjudul Ocean Avenue yang di rilis pada tahun 2003 silam. Only One adalah single ketiga setelah sebelumnya menjagokan lagu Ocean Avenue dan Way Away. Tiap kali gw denger lagu ini entah itu di mall, di radio ataupun di kossan temen langsung keinget gimana manisnya scene romansa di klip ini. Sweet abis. Nih, langsung cek TKP.
https://youtu.be/RJLkcPhVi9w
Yellowcard - Only One (official video)



 09. The Swellers - Best I Ever Had

Best I Ever Had adalah single pertama dari album keempat The Swellers yang diberi nama Good for Me. Band dari Michigan yang dibentuk tahun 2002 yang saat ini beranggotakan 4 orang personil Nick, Jono, Anto dan Ryan. Meraka juga pernah jadi opening-act buat Paramore waktu di Jakarta dan Bali. Pernah liat perform mereka dan entertaining sih. Oiya, pertama kali liat ini, gw langsung suka. Ngangkat cerita metamorfosa seorang anak laki-laki jaman kecil-puber dan dewasa. Ada juga footage mereka ngeband didalam garasi rumah. Secara pribadi gw kasih rating 7,5 dari keseluruhan klip ini.

https://youtu.be/Rw-AGq_e-Hc
The Swellers - Best I Ever Had (official video)





08. NoFX - Seeing Double at The Triple Rock

Siapa sih yang ngga tau NoFX? Band kawakan dari Los Angeles kebentuk tahun 1983. Seeing Double At The Triple Rock jadi klip untuk mempromosikan Wolves in Wolves' Clothing. Format footagenya memang dibuat cengengesan kek keseharian mereka. Fat Mike, Hefe, Melvin dan Sandin mengenakan Clerical collar layaknya pendeta, dihadirkan sosok Paus dan Yesus untuk diparodikan. Gokil bener! Punk mah bebas aja. Info lagi, lagu ini diproduseri oleh Bill Stevenson, Jason Livermore, Fat Mike sendiri.
https://youtu.be/9d9D_W1PbQc
NoFX - Seeing Double at The Triple Rock (official video)




07. Rise Against - Give It All

Rise Against yang dulunya sempet dinamai Transistor Revolt ini tahun 2004 silam meluncurkan album mereka yang diberi tajuk Siren Song of the Counter Culture. Dengan nuansa punk-rock yang kental, Rise Against yang juga berasal dari Chicago ini menonjolkan Give It All untuk hit-single pertama album ini. Di video promo lagu ini mereka membuat tema yang umum tapi dikemas dengan cinematography yang menurut gw keren. Menceritakan rebelion-rebelion vandal yang melancarkan aksinya pada malam hari sementara itu pada waktu jam kerja di siang hari mereka adalah officer kantoran. Tipe-tipe official video yang gw suka.

https://youtu.be/dhldbymXK-8
Rise Against - Give It All (official video)




06. blink-182 - Always
Sekali mendengar nama blink-182, pasti langsung menjurus ke Tom, Mark dan Travis. Ini emang bahas band itu. Kali ini gw menaruh video klip lagu Always pada posisi keenam. Always merupakan single dari blink-182 untuk promo album ketujuh blink-182 yang bertajuk "Smiley". Album ini juga diproduseri oleh Almarhum Jerry Finn melewati label Geffin Records. Ide pembuatannyapun keren sih gw bilang. Terkesan seakan-akan pake tehnik long-shot secara keseluruhan, padahal kalo dicermati ngga full long-shot juga. Disini pesona Travis keliatan luar biasa dalam "menyikut" wanita. Hmmm
https://youtu.be/CvtJVku_mJw
blink-182 - Always (official video)




05. The Offspring - The Kids Aren't Alright

The Offspring selalu hadir dengan karya yang unik. Album Americana yang dirilis pada tahun 1998 mengeluarkan The Kids Aren't Alright setahun setelahnya. Klip lagu ini dikemas dengan visual digital yang terhitung bagus banget pada waktu itu. Banyak perpektif dalam mengamati klip ini. Ada yang bilang ini adalah bentuk metamorfosa manusia, ada juga yang beranggapan ini adalah mutasi dari insan manusia. Sampe saat ini klip ini ditonton lebih dari 80 juta viewers dalam kanal VEVO mereka. Terbukti legendaris kan?
https://youtu.be/VrZ4sMRYimw
The Offspring - The Kids Aren't Alright (official video)



04. Sum 41 - The Hell Song

Sum 41. Iya, Sum 41. Band punk ini juga kondang pada eranya. Tahun 2000an dengan boomingnya musik pop-punk, Sum 41 hadir meramaikan kancah genre tersebut. Pengemasan musik punk dengan sedikit sentuhan metal tergolong unik. Yang tadi gw tulis sebelumnya band Amerika semua, nah Sum 41 merupakan band dari Ontario, Kanada yang dibuat Deryck dan kawan-kawan tahun 1995. Rilisan album mereka tahun 2003 Does This Look Infected? yang juga melahirkan single The Hell Song. Video musik lagu ini berkonsep parodi dengan boneka miniatur mereka sendiri dan artis-artis terkenal lainnya kaya Marilyn Manson, Korn, Eddie The Head, Gene SimmonsSnoop Dogg, Eminem, Ozzy Osbourne, Angus YoungTuck Turner Willison, Alice Cooper Spice Girls, Metallica dan Ludacris bahkan ada Yesus yang diperankan oleh boneka action figure. Marc Klasfeld yang mendirect video klip mereka. Marc juga sebelumnya menggarap klip-klip artis terkenal lainnya seperti Nelly, Jay-Z dan 'N Sync.

https://youtu.be/7pE8ReA5cn4
Sum 41 - The Hell Song (official video)




03. New Found Glory - My Friends Over You

New Found Glory adalah band pop-punk berasal dari Coral Springs, Florida ini saat ini beranggotakan 4 orang personil yaitu Jordan, Chad, Cyrus dan Ian. Pada tahun 2002 mereka merilis single My Friends Over You untuk album Sticks and Stones yang juga diprodeseri oleh Neal Avron. Videonya sangat unik dan ini gw tempatin di posisi tuga besar. Ada trivia di dalam klip ini, Travis Barker (blink182) jadi cameo di video ini. Peratiin deh.
https://youtu.be/QfcLcDBII78
New Found Glory - My Friends Over You (official video)





02. Against Me! - I Was A Teenage Anarchist

Sejak pertama liat, gw suka banget sama klip ini story-linenya. Oke, gw jelasin. I Was a Teenage Anarchist adalah single dari band punk-rock Againts Me! (kudu pake tanda seru karena ejaannya emang gitu) untuk album White Crosses. Album ini direkam tahun 2009 dan diluncurkan setahun setelahnya. Cerita dalam video ini adalah Laura Jane Grace (saat masih menly) beratribut spikey-spikey layaknya seorang berandalan yang dikejar-kejar aparat dan mengalami kekerasan berlebihan oleh aparat. Mewakili perpektif para aparat terhadap punk. Footage klip ini digarap longshot dan juga dieksekusi efek slow-motion. Kompor gas!
https://youtu.be/c7RUeMCZL3Q
Against Me! - I Was A Teenage Anarchist (official video)





01. Green Day - Jesus of Suburbia

Jawaranya ini nih! Ini pantes jadi jawara. Yes! Green Day - Jesus of Suburbia. Lagu yang dipilih dari album ketujuh mereka yang diberi tajuk American Idiot ini merupakan single kelima dari lagu single yang dipromokan album ini. Kok terdengar kaya lagu medley? Emang. Lagu ini emang semacam itu, gabungan dari 5 fase lagu yang saling berkaitan. Jesus of Suburbia, City of The Damned, I Don't Care, Dearly Beloved, Tales of Another Broken Home di aransemen sedemikian rupa dan terkemas dengan epik menjadi sebuah grand-theme lagu. Plot story di video ini adalah menceritakan seorang street punk yang sedang galau dengan prahara percintaan dan konflik dengan keluarga. Klip yang berdurasi hampir 12 menit ini juga merilis censored version yang dipotong menjadi durasi 6 menit dari klip aslinya biar bisa lolos di beberapa negara karena kontennya dianggap cukup vulgar. Gw juga pernah liat di MTv Asia saat itu dan ditayangkan serupa dengan itu. Dalam cuplikannya terdapat juga adegan dimana pemerannya menyaksikan televisi yang menyaksikan Green Day yang sedang menghelat sebuah pertunjukan di Milton Keynes Bowl, Buckinghamshire, Inggris. Secara konsep, storyline, dan kemasan semuanya cakep. Pecah!
https://youtu.be/SA8v3B1SxR0
Green Day - Jesus of Suburbia (official video)

Itu tadi adalah 33 Video Klip Band Punk Terbaik yang gw pilih. Bisa buat nambah referensi buat dimasukin ke playlist kalian. Udah dulu, sampai jumpa di artikel berikutnya. Adios!


Source:
- Youtube
- Wikipedia
- Banyak sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar