Rabu, 23 Maret 2016

Seragam JKT48 Paling Cantik



Untuk menunjang penampilan di dunia showbizz, para entertainer memang ngga bisa lepas dari wardrobe pilihan yang mereka gunakan. Hal serupa juga diperhatikan oleh JKT48. JKT48 adalah idolgroup yang terbentuk dari 2011 dan merupakan sister group dari sebuah Idolgroup asal Jepang, AKB48. Grup idola yang dimanage oleh digital advertising agency asal Jepang, Dentsu Admark ini mengangkat tema kostum yang sangat unik, dengan dominasi tema kejepang-jepangan agar sesuai kultur dari sister group mereka yang ada di negeri sakura tetapi disesuaikan dengan norma berpakaian di Indonesia. Kostum atau disebut juga seifuku merupakan faktor yang vital dalam setiap penampilan mereka, bahkan menjadi ciri saat mereka menyanyikan setiap lagu mereka. Seiring banyaknya blog yang mengulas JKT48, aku pengen bahas sudut pandang yang agak jarang dari biasanya. Artikel berikut berusaha keras untuk megulas tentang Seragam JKT48 Paling Cantik. Berusaha keras.



Bingo


Bingo adalah sebuah lagu dari setlist theater Boku no Taiyou (Matahari Milikku) yang dibawakan tim KIII JKT48, kostum Bingo didesain dengan tipe sleveless-dress dengan motif ornamen polka-dot setiap member yang membawakkan lagu ini memiliki warna yang bervariasi dengan member lainnya. Dihiasi dengan aksesoris ikat pinggang berwarna silver yang disenadakan dengan warna sepatu dan ngga lupa pita rambut yang menghiasi mahkota mereka, para member terlihat seperti teenager yang seksi dan anggun. Dengan kombinasi pakaian tadi, mereka sangat cocok dikarenakan lagu Bingo memiliki tempo dan aransemen yang enerjik.

https://youtu.be/P6QRbGt5S7I
Video JKT48 - Bingo | JKT48 2nd Anniversary ANTV





Pikachu
 

Siapa coba yang ngga tau Heavy Rotation? Lagu single yang sangat viral pada kala itu pertama kali dirilis untuk promo produk minuman isotonik pada awal tahun 2012. Oke kita bahas kostumnya. Kostum yang didesain dengan kolaborasi warna kuning dan hitam dengan motif kotak-kotak seperti seragam sekolah di Jepang. Walaupun motif, model dan desainnya mayoritas yang digunakan tiap member serupa, akan tetapi jika diperhatikan ornamen yang dipakai berbeda-beda, salah satunya simpul dasi mereka. Ada yang pake simpul dasi classic, simpul double atau ganda, simpul four in hand, simpul windsor-half windsor, sumpul kupu-kupu.

https://youtu.be/P6QRbGt5S7I
Video JKT48 - Bingo | JKT48 2nd Anniversary ANTV


  

1! 2! 3! 4! Yoroshiku

Ngga beda dengan tema seifuku Ponytail to Chouchou, 1! 2! 3! 4! Yoroshiku yang merupakan signature song dari team KIII juga mengemas konsep cheerleader. Outfit dari lagu yang diadaptasi dari sister grup mereka yang ada di Nagoya Jepang, SKE48 mengemas kostum ini dengan tipe seragam tank-cheerleader dengan dominasi warna kuning yang dikolabirasikan dengan warna putih dan stripping berwarna biru disertai bordir 3 bintang dan huruf kapital "K" yang dipersepsikan seragam ini signature wardrobe dari team KIII JKT46.

https://youtu.be/xPvtxvVEgho
Video JKT48 3rd Anniversary Concert Team Battle JKT48 Team J - 1! 2! 3! 4! Yoroshiku!





Nagai Hikari

Mengambil dari setlist theater JKT48 team J, Nagai Hikari adalah lagu pembuka setelah Overture dalam rangkaian setlist Renai Kinshi Jourei (Aturan Arti Cinta) atau sering disingkat RKJ. Setlist RKJ adalah setlist theater kelima dari AKB48 team A yang di adopsi dan tranlasi ke bahasa Indonesia oleh JKT48. Outfit yang digunakan adalah skirt terusan dengan glitter pada seluruh bagiannya dihiasi dengan motif bintang. Dengan ditambah pita yang digunakan di rambut para member, maka dari itu seifuku Nagai Hikari memiliki kesan anggun, soft dan juga glamour.

https://youtu.be/Sjwr1Y8YWrY
Video JKT48 - Nagai Hikari Cahaya Panjang





Fleur

Fleur. Sesuai namanya yang diadaptasi dari  bahasa perancis yang berarti bunga, seragam ini khusus digunakan untuk helatan konser mereka. Seifuku ini berbentuk dress tanpa lengan berwarna-warni dengan pernak-pernik berbentuk bunga-bunga di bagian dada dan rok menghiasi balutan kostum ini. Dipadukan dengan ikat rambut dan bando para member JKT48 terlihat sangat feminim dan anggun ketika menggunakan seifuku ini.


 https://youtu.be/M8CTe6PPmKM
Video JKT48 Ponytail to Shushu DVD Perkenalkan Nama Kami JKT48




American Pop 


Kostum berikut ini adalah salah satu yang sering dipakai dalam konser ataupun tur JKT8 ke luar kota. Warna hijau glitter menyolok pada outfit ini membuat kesan glamour pada setiap digunakan anggota JKT48. Dengan warna dasar hitam dan rok warna-warni. Jika diperhatikan dengan seksama, motif pada skirt tertulis nama-nama sister group  JKT48 jarena sebelumnya seifuku American Pop juga pernah dipakai oleh SKE48 pada konser AKB48 Saitama Super Arena.

 https://youtu.be/us3GiMoXaew
Video Oogoe Diamond (Teriakan Diamond) JKT48 GOR UNY 2013




Black and White

Seragam ini juga ngga kalah bagus. Mengusung tema monochrome, pakaian ini sering digunakan juga pada beberapa show di luar kota ataupun live di televisi. Paduan warna hitam-putih bermotif kotak-kotak. Sebagai transisi antara dada dan leher, seifuku ini dihubungkan dengan renda-renda disertai komponen ornamen spikey di leher serta sepatu boot.

https://youtu.be/7u9XzrAkeCA
Video JKT48 - Oogoe Diamond on Konser Seru GlobalTV



Red


Betapa legendarisnya seragam ini. Gimana ngga? Awal debut mereka selalu menggunakan seragam ini ketika menghelat event press-confrence, acara televisi ataupun show di awal kemunculan mereka. Terlihat seperti seragam sekolah di Jepang yang dikolabirasikan blazzer serta dasi, unsur pop terlihat sekali pada warna merahnya. Ada lagi  komponen additional dalam seragam ini yaitu kancing gold yang menggiasi bagian perut. Entah member generasi pertama masih cukup apa ngga buat make kostum ini. Secara.

https://youtu.be/gMexRrjqvw4
Video JKT48 1st live TV performance @ 100% Ampuh Global TV





Ponytail to Chouchou

Opini pribadi, ini lagu paling favorit. Ponytail to Chouchou merupakan salah satu dari lagu dalam album pertama JKT48. Lagu ini ditampilkan on-air di TV nasional pada acara AMI Award 2012. Tema seifuku yang digunakan dalam lagu ini adalah tank cheerleader berwarna putih-biru dengan ornamen kancing logam dan badge serta cheers wrist-band juga sporty sneaker dengan warna yang senada dengan seragam ini. Sesuai dengan judul lagunya setiap perform rambut para member mengikat kuncir rambut mereka.
https://youtu.be/V6EZaXoyA58
Video JKT48 Ponytail To Shushu at AMI Award




Artikel tadi adalah Seragam JKT48 Paling Cantik. Sepakat kan? Jeketi-Jeketiannya dilanjut lain waktu yap. Adios!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar