Jumat, 01 April 2016

Fakta Menarik April Mop



Ngga terasa tahun 2016 udah memasuki bulan April. Tanggal 1 April identik dengan sebuah momen April Mop. Momen ini sangat populer di negara-negara lain dam disebut dalam istilah internasionalnya April Fools Day bagi beberapa orang beranggapan momen ini diistimewakan dan wajib untuk dirayakan, ya dengan cara bikin prank / ngerjain orang. Nah berikut ini adalah Fakta Menarik April Mop.


1. Diperbolehkan Berbohong Bahkan Menipu


Nah ini nih. Didalam istilah April Mop, kita diperbolehkan membuat kebohongan yang menyesatkan kepada siapapun dengan tujuan mengerjai kerabat atau saudara separah apapun, walaupun dengan dalih konteks bercanda.

2. Diperbolehkan Jahil


Banyak dari mereka yang ingin sekali menjahili rekan atau sanak saudara mereka, cuma karena belum menemukan waktu yang tepat untuk melaksanakan ini. Mereka benar-benar memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya.

3. Pembersihan


Pada abad ke-15, tentara salib Spanyol melakukan purging pada masyarakat islam di Spanyol. Ribuan orang menjadi korban dalam kejadian ini dikarenakan hembusan issue Islam sangat kencang di Spanyol kala itu.


4. Dilegalkan


Yang namanya becanda ya ada batesannya laah, abis kalo liat atau baca tentang prank April Mop di negara lain suka keterlaluan. Faktanya, negara-negara seperti Irlandia, Italia, Rusia, Belanda Kanada, Prancis, dan Amerika melegalkan ceremonial April Mop.

 5. Pergantian Kalender


Abad ke-16 Perancis pada masa pemerintahan raja Charles ke-9, negara Perancis dihimbau merubah kalender yang bertahun-tahun digunakan Perancis yang tadinya setahun cuma ada 10 bulan dijadikan 12 bulan (kalender masehi) oleh Paus Gregorius XIII. Kerajaan akhirnya menerima himbauan itu tetapi menetapkan 1 April menjadi tahun baru warga Perancis kala itu.


 Kalo liat beberapa fakta tadi kira-kira cocok ngga ya dipakai di Indonesia? Hmm...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar