Selasa, 29 Maret 2016

Keseruan #KopdarBlogger Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Blogging

 


Blogging adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi beberapa orang. Hal serupa yang dialami oleh komunitas blogger. Pada tanggal 26 dan 27 maret kemarin, komunitas ini mengadakan gathering #KopdarBlogger dengan tema Sepi Ing Pamrih, Rame Ing Blogging yang dihelat oleh Blogger Bengawan yang bermarkas di RBI (Rumah Blogger Indonesia) Solo. Acara inti dari KopdarBlogger digelar di sebuah villa di daerah Segara Gunung Dusun Nglerak, Karanganyar Jawa Tengah. Venue ini ditentukan oleh penyelenggara karena tempatnya terpencil serta cukup jauh dari hiruk-pikuk keramaian dan lebih mengajak eksplorasi, hal ini sengaja dibuat untuk keintiman antar peserta blogger. Ini adalah event yang sekian kalinya diadakan setelah beberapa tahun tidak aktif dan akhirnya dapat dihelat pada tahun ini. Acara gathering ini akan dihadiri mysterious guest.

Acara yang dicetuskan oleh seorang blogger senior, Blontank Poer ini dihadiri hampir 100 orang peserta dari berbagai kota seperti Jakarta, Nganjuk, Ponorogo, Madura, Jogjakarta dan masih banyak lagi. Dengan menentukan meeting point di kantor sekretariat Rumah Blogger Indonesia pada hari sabtunya. Tepat jam 12 siang para pererta berangkat menuju lokasi.

Sesampainya di kawasan Kemuning, kami duduk sejenak untuk istirahat makan siang di Bale Branti. Bale Branti adalah sebuah restoran yang mengusung tema tradisional lokasinya tepat di belakang cafe kondang di daerah itu, Ndoro Donker. Selain makan siang, kita juga mendengarkan Lurah Kemuning yang sharing tentang kawasan Kemuning dan Segara Gunung. Lurah menyampaikan proyeksi kedepannya tentang Desa Kemuning yang akan lebih dikembangkan dalam bidang pariwisata.

View Gunung Lawu dari Bale Branti, Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah


Seusai makan siang, acara dilanjut dengan pindah lokasi ke sebuah villa di wilayah lereng Gunung Lawu, tepatnya di Segara Gunung. Tempatnya sedikit menanjak dan ditempuh dengan jarak kira-kira 5 Km dari Bale Branti. Setelah sampai di villa aku kaget, ternyata tempatnya bagus banget. Peserta diijinkan foto-foto dan beristirat, itung-itung melepas lelah selama perjalanan. Villa yang dilengkapi dengan halaman yang terhitung luas dan dikarpeti dengan rumput. Dilengkapi juga dengan fasilitas lounge, meja pingpong, ATV dan lain-lain ini benar-benar mengejutkan. Karena sinyal susah didapat karena terepencilnya lokasi gathering, villa ini juga menyediakan akses wi-fi. Pada sore hari penyelenggara mengundang perangkat desa setempat untuk menceritakan kawasan ini. Perangkat desa bercerita tentang infrastruktur, sumber daya air mereka yang berlimpah-ruah, panen sayuran yang tak henti-hentinya. Tetapi ada beberapa hal yang disayangkan, yaitu tentang kesadaran bagaimana kurangnya kesadaran masyarakat akan internet yag dikarenakan akses internet belum dapat menjangkau area ini dan mereka udah ngga bisa produce jeruk lagi dikarenakan hama tanaman. Padahal kemahsyuran jeruk Tawangmangu jelas sangat melegenda. Bangunan villa ini menghadap ke arah barat, menjadikan sesi sharing ini berkesan ketika kita seperti dipayungi sunset.
Segmen Sharing Sore Hari Dengan Perangkat Desa




Tapi ada yang lebih megejutkan lagi. Kita kedatangan seorang mysterious guest yang membuat bertanya-tanya: "siapa sih?", "sopo sih?", "saha tah?". Hingga akhirnya sang tamu misterius datang. Yes! Menteri Komunikasi dan Informatika Bp. Rudyantara beserta isteri bersedia hadir dalam acara KopdarBlogger ini. Pada akhirnya waktu menunjukkan pukul 21.00. Ini yang ditunggu-tunggu, Bp. Rudyantara memberikan materi presentasi tentang jaringan yang akan dibangun serentak se-Indonesia oleh KOMINFO, dan itulah yang diharapkan teman-teman blogger sekalian. Setelah sesi presentasi selesai dilanjutkan sesi diskusi tanya jawab. Atmosfir yang luar biasa interaktif, peserta sangat semangat dalam sesi ini, hal serupa dirasakan Pak Menteri juga. Beliau terlihat sangat excited berada dalam lingkungan orang-orang yang ada didalam bidang kementerian yang beliau pimpin. Ini bukan diskusi yang spaneng, melainkan disisipi banyak kelakar dan guyonan tanpa menghilangkan esensi seriusnya. Segmen diskusi yang berlangsung lebih dari 3 jam inipun ditutup. Dilanjutkan bakar jagung di area halaman dihiasi dengan cahaya bintang.

Acara KopdarBlogger Dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika, Bp Rudyantara



Keesokan harinya, Bp. Rudyantara beserta istri mengeksplor wilayah segara gunung dengan berjalan kaki. Pak Menteri juga menyempatkan foto bersama warga sekitar. Ngga lama setelahnya beliau berpamitan untuk melanjutkan ke destenasi berikutnya. Semantara itu, para peserta blogger melanjutkan sesi sharing berikutnya, moderator menjelaskan makna dari acara KopdarBlogger ini. Sangat khitmat tapi santai. Diantara para peserta ada, Joko Balung yang juga menggeluti dunia digital sebagai illustrator gambar dengan media microsoft word. Para blogger inipun terheran-heran akan kemampuannya itu dikarenakan Joko Balung adalah seorang penyandang difabilitas. Joko juga menceritakan awal karirnya dibidang ini, dengan kelakar khas ala dia. Dilanjutkan dengan prosesi potong kue dan foto bareng, dan acara KopdarBlogger resmi ditutup.


Bp. Rudyantara Bersama Istri Berfoto Bersama Warga
Segmen Sharing Minggu Pagi


 

Semoga acara semacam ini dapat dihelat lagi untuk mengakrabkan insan digital satu sama lain.


Bp. Rudyantara Bersama Warga Perantauan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar